17 November 2009

Gempabumi dan Tsunami

Apakah gempabumi itu??
Secara umum Gempabumi adalah berguncangnya bumi disebabkan oleh tumbukan lempeng bumi, patahan aktif, dan aktifitas gunungapi. Proses gempabumi Lempeng samudra yang rapat massanya lebih besar ketika bertumbukan dengan lempeng benua di zona tumbukan (subduksi) akan menyusup kebawah. gerakan lempeng ini akan mengalami perlambatan akibat gesekan dari selubung bumi. perlambatan gerak itu menyebabkan penumpukan energi di zona subduksi dan zona patahan. akibatnya di zona-zona itu terjadi tekanan, tarikan, dan geseran. Pada saat batas elastisitas lempeng terlampaui maka terjadilah patahan batuan yang diikuti oleh lepasnya energi secara tiba-tiba. Proses ini menimbulkan getaran partikel kesegala arah yang disebut gelombang gempabumi.



Intensitas dan Kekuatan Gempa


Intensitas gempabumi adalah tingkat kerusakan yang terasa pada lokasi terjadinya. angkanya ditentukan dengan menilai kerusakan yang dihasilkannya, pengaruhnya pada benda-benda, bangunan, tanah, dan akibatnya pada orang-orang. skala ini disebut MMI (Modified Mercalli Intensity) diperkenalkan oleh Guiseppe mercalli pada tahun 1902. Magnituda adalah parameter gempa yang diukur berddasarkan yang terjadi pada darah tertentu, akibat goncangan gemoa pada sumbernya. satuan yang digunakan adalah skala Richter. skala ini diperkenalkan oleh Charles F.Richter tahun 1934. sebagai perbandingan, gempa yang berkekuatan 8 Skala Richter setara dengan kekuatan bahan peledak TNT seberat 1 gigaton atau 1 milyar ton.

Akibat Gempabumi

Akibat utama gempabumi adalah hancurnya bangunan-bangunan karena goncangan batuan, jatuhnya korban jiwa biasanya terjadi karena tertimpa runtuhan bangunan, terkena longsor, dan kebakaran. jika sumber gempa gempabmi berada di dasar laut maka bisa mengakibatkan gelombang tsunami yang tidak saja menghantam pesisir pantai disekitar sumber gempa tetapi juga mencapai beberapa km ke daratan.





TSUNAMI

Tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan hingga lebih dari 900 km per jam, terutama diakibatkan oleh gempabumi yang terjadi di dasar laut.
kecepatan gelombang tsunami bergantung pada kedalaman laut. dilaut dengan kedalaman 7000 m misalnya, kecepatan bisa mencapai 949,9km/jam. kecepatan ini hampir sama dengan kecepatan pesawat jet. namum demikian tinggi gelombangnya di tengah laut tidak lebih dari 60 cm. akibatnya kapal-kapal yang sedang berlayar diatasnya jarang merasakan adanya tsunami.
berbeda dengan gelombang laut biasa, tsunami memiliki panjnag gelombong antara dua puncaknya lebih dari 100 km dilaut lepas dan selisih waktu antara puncak-puncak gelombangnya berkisar antara 10 menit hingga 1 jam. saat mencapai pantai yang dangkal, teluk, atau muara sungai gelombang ini menurun kecepatanya, namun tinggi gelombangnya meningkat puluhan meter dan bersifat merusak.

Asal Istilah Tsunami

istilah tsunami bersal dari bahasa jepang Tsu artinya pelabuhan dan nami artinya gelombang laut. Dari kisah ini istilah tsunami yang berarti gelombang laut yang meghantam pelabuhan

Penyeban Terjadinya Tsunami

tsunami terutama disebabkan oleh gempabumi di dasar laut. tsunami yang dipicu akibat tanah longsor didasar laut, letusan gunungapi dasar laut, atau akibat jatuhnya meteor yang jarang terjadi.

adapun syarat terjadinya tsunami akibat gempabumi:

  • pusat gempa terjadi di dasar laut
  • kedalaman pusat gempa kurang dari 60 km, (gempa dangkal)




Sumber: DIREKTORAT VULKANOLOGI DAN MITIGASI BENCANA GEOLOGI


note: gempabumi dan tsunami yang terjadi adalah suatu rangkaian dari dinamika bumi yang menunjukan bahwa bumi yang kita injak bersifat dinamis yang tentunya menghasilah dampak positf dan negatif yang harus kita terima. Kapan..? dan sebesar apa gempa yang terjadi sampai saat ini belum ada yang dapat mengungkapnya.... hal ini menunjukan betapa besarnya Sang Pencipta,, dan betapa kecilnya kita sebagai manusia biasa...
perlu diingat tidak ada yang sia - sia didunia (hasil ciptaan dan ijin YANG KUASA), baik itu bencana dan cobaan, karena apapun itu pastinya Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita...

...MZR...






4 komentar:

  1. Asslmkm penjelajah bumi...
    Mantap Mal....terus kembangkan, bro..
    cb di wordpress..byk yg suka krn ragam fitur
    sukses!! D1H 050102

    BalasHapus
  2. ngeuri euy abang kita yg 1 ini...

    BalasHapus
  3. eummm sayang q baru buka sekarang padahal ni materi kuliahku ....tapi ga apa thanks infonya,semangat kembnhkan selalu?

    BalasHapus